Kenali gerakan bayi dalam kandungan ( Tabel monitor perkembangan bayi )

Ibu hamil seringkali merasakan adanya gerakan pada janin yang dikandungnya. Biasanya ibu menghitung berapa jumlah gerakan janin untuk membantu memantau perkembangannya. Karena salah satu indikator janin sehat berdasarkan gerakannya di dalam kandungan.

Saat memasuki usia kehamilan 16 sampai 20 minggu, sebagian besar ibu hamil bisa merasakan gerakan bayi yang dikandungannya. Tapi gerakan ini bervariasi frekuensi dan kekuatannya, itu semua tergantung dari seberapa besar kematangan si bayi.

Seperti dikutip dari Babycenter, Rabu (18/11/2009), secara umum sebagian besar janin akan lebih aktif bergerak pada malam hari yang dimulai pada usia trimester kedua. Atau bisa juga janin bergerak satu jam setelah ibunya makan karena mengalami kenaikan kadar glukosa dalam darah ibu.


Gerakan janin adalah salah satu indikator kesehatan janin. Meskipun setiap janin memiliki jumlah gerakan yang berbeda, tapi rata-rata janin bergerak 4-6 kali dalam waktu 1 jam. Janin yang dikandung juga terkadang membutuhkan waktu untuk beristirahat sebelum beraktivitas kembali. Biasanya setiap ibu bisa menemukan pola tersendiri dalam gerakan bayinya.

Bila ibu hamil mencoba membandingkan dengan ibu hamil lainnya, maka tak perlu khawatir jika jumlah gerakannya berbeda. Karena tiap janin memiliki pola aktivitas tersendiri, selama janin bergerak seperti biasanya maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Gerakan janin yang kurang atau mengalami perubahan pola mungkin saja sebuah sinyal, untuk itu sebaiknya ibu memeriksa kondisi bayi dan mengkonsultasikannya dengan dokter. Karena itu penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan pola gerakan dari janinnya.

Setelah memasuki trimester ketiga, biasanya beberapa dokter menyarankan ibu hamil agar lebih meluangkan waktunya setiap hari untuk menghitung berapa jumlah gerakan janinnya. Sebaiknya sisihkan waktu yang sama setiap harinya untuk melakukan perhitungan, setelah makan dan saat tubuh merasa rileks adalah salah satu waktu yang paling baik. Lalu hitunglah berapa kali ibu merasakan gerakan bayi dalam satu jam.

Saat kehamilan sudah semakin membesar, biasanya yang dirasakan oleh ibu hanyalah tendangan atau pukulan dari siku bayi. Karena bayi sudah sulit untuk berputar. Jika bayi tidak bergerak sebanyak biasanya, membutuhkan waktu lebih lama untuk bergerak atau tidak bergerak sama sekali maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk memeriksa kondisi janin.

Oleh karena itu, ada baiknya para ibu melakukan beberapa tip yang dianjurkan The Alameda Alliance for Health :
  • Pertama, hitung gerakan bayi setiap harinya, lalu elus-elus sang bayi saat aktif bergerak.
  • Hitung jumlah gerakan kecil usai anda mengkonsumsi makanan. Bayi anda tentu akan gerak lebih aktif.
  • Taruh tangan anda, tempatkan tepat pada posisi bayi dan monitor pergerakan bayi.
  • Setiap kali bayi bergerak, tandai dalam selembar kertas atau buku khusus.
  • Terus hitung hingga mencapai 10 gerakan. Jika gerakan bayi tidak mencapai 10 kali maka coba sekali lagi hari berikutnya. Bila tetap tidak mencapai 10 gerakan maka konsultasikan dengan dokter anda.
berikut adalah tabel monitor pergerakan bayi buatan sendiri, mudah2an bermanfaat..



silahkan didownload Tabel monitor pergerakan bayi

sumber: http://health.detik.com

0 comments:

Post a Comment